UNAND sebagai penggerak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berkomitmen penuh untuk mendukung implementasi Program Pertukaran mahasiswa Skema PERMATA-SARI (Pertukaran mahasiswa Nusantara Sistem Alih Kredit)  sejak Semester Genap Tahun ajaran 2020/2021.

PERMATA-SARI adalah progam pertukaran mahasiswa secara daring yang diselenggarahkan oleh Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat yang diikuti oleh 33 Perguruan Tinggi Negeri. Tujuan utama program ini adalah untuk menguatkan kompetensi dan memperluas pengalaman belajar mahasiswa dengan merasakan studi di PT lain, menguatkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air melalui interaksi antar budaya, dan mengembangkan jejaring dan kolaborasi diantara mahasiswa dari berbagai PT di Tanah air.

Di UNAND, program ini dikelola secara terintegrasi oleh Divisi Pertukaran Mahasiswa dan Pendaftaran Lintas Program Studi UPT MBKM bekerjasama secara sinergis dengan pihak pengelola PERMATA-SARI pusat.

Mahasiswa yang dapat mengikuti program ini adalah mahasiswa yang aktif (tidak sedang BSS) pada semester 4 s.d 8 dari program sarajana/sarajana terapan, IPK minimal 2.75 dan mengisi formulir pendaftaran PERMATA-SARI. Para calon peserta dapat medaftarkan diri melalui Website UPT MBKM UNAND (http://merdeka.akademik.unand.ac.id/mbkm/) dan akan diseleksi oleh Tim UPT MBKM.

Agenda kegiatan PERMATA-SARI adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran dan pengumpulan berkas secara daring di UPT MBKM Unand : 11-18 Januari 2021
  2. Seleksi dan penetapan hasil seleksi: 19-21 Januari 2021
  3. Penilaian mata kuliah: 22-23 Januari 2021
  4. Masa perkuliahan: sesuai jadwal di masing-masing PT
Selengkapnya informasi tentang Program Permata Sari, silahkan klik link berikut.

(Divisi Pertukaran Mahasiswa dan Pendaftaran Lintas Prodi)

Leave a Comment