Tahun ini merupakan periode pertama kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama dengan Perguruan Tinggi (PT) di seluruh Wilayah Indonesia. Program MBKM yang dilakukan fokus dengan dua bidang kegiatan yaitu kegiatan magang dan asistensi penelitian. Tidak semua PT dapat melakukan kerja sama program MBKM dengan BRIN pada kesempatan ini karena proses Kerjasama membutuhkan pemenuhan persyaratan administratif yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sampai bulan September 2021, dapat diketahui ada sekitar 64 PT yang sedang melakukan penjajakn Kerjasama dengan BRIN. Universitas Andalas merupakan salah satu PT yang dapat melengkapi persyaratan administratif pada periode ini dan menjadi mitra kerja sama program MBKM dengan BRIN. Universitas Andalas berperan serta dalam kegiatan asistensi penelitian dalam kerangka kerja sama MBKM-LIPI pada periode ini.

            Proses pendaftaran perserta mahasiswa sebagai peserta MBKM di BRIN dimulai sejak bulan agustus 2021 sampai awal oktober 2021. Ada sebanyak 167 topik penelitian yang ditawarkan oleh para peneliti di BRIN-LIPI kepada seluruh mahasiswa di Indonesia yang memiliki ketertarikan akan kegiatan penelitian. Dari 446 mahasiswa pendaftar yang melakukan registrasi kegiatan MBKM-LIPI pada periode ini, dan 101 diantaranya diterima sebagai mahasiswa MBKM BRIN-LIPI. 5 dari 101 mahasiswa yang lolos tersebut adalah mahasiswa Universitas Andalas (Unand). Keikutsertaan 5 orang mahasiswa Unand ini tentulah akan menjadi suatu prestasi karena besarnya dampak yang akan didapatkan oleh para mahasiswa tersebut. Kelima orang mahasiswa tersebut terdiri dari tiga orang mahasiswa dari Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (Fadila Melga Putri, Velina Anjelia dan Reski Joelanda), satu orang mahasiswa Jurusan Fisika (Alifvia Daswita) dan satu orang mahasiswa jurusan Kimia (M Rafli Habibillah). Adapun topik penelitian yang diambil oleh mahasiswa yang lolos tersebut adalah Rekayasa Biokimia dan Teknologi Pangan – Pusat Penelitian Bioteknologi untuk mahasiswa dari Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fisika Sistem Kompleks untuk mahasiswa jurusan Fisika dan Nanoteknologi Lingkungan untuk mahasiswa jurusan Kimia.

            Program MBKM asistensi penelitian mahasiswa Unand di BRIN-LIPI akan dilakukan selama satu semester dimana mahasiswa akan dibimbing secara bersama oleh dosen peneliti dari Unand dengan Peneliti dari BRIN-LIPI. Dengan lamanya kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam melakukan kegiatan penelitian ini, diharapakan mahasiswa Unand akan dapat memperoleh pengalaman dan pengetahuan tentang kegiatan penelitian yang lebih komprehensif lagi, mahasiswa akan merasakan atmosfir kegiatan penelitian yang berbeda dengan kegiatan penelitian yang dilakukan di Unand. Selain itu, dengan kegiatan ini juga diharapkan menjadi dasar mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhirnya sehingga mahasiswa dapat menamatkan pendidikannya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan sejak mereka mulai perkuliahannya di Unand.

            BRIN-LIPI merencakan pada bulan Februari 2022 nanti, periode kedua kegiatan MBKM BRIN akan dibuka lagi. Pada Periode ini dijanjikan akan lebih banyak lagi mahasiswa dari semua PT yang sudah menjalin Kerjasama MBKM dengan BRIN akan dapat berperan serta. Progam MBKM BRIN pada periode kedepannya tidak hanya dilakukan dengan BRIN-LIPI, tetapi juga pada Lembaga-lembaga penelitian lainnya yang berada di bawah naungan BRIN seperti LAPAN, BATAN, BPPT dll. Oleh karena itu, Unand tentunya juga akan mempersiapkan para mahasiswa terbaik yang memiliki ketertarikan dengan atmosfir pekerjaan sebagai peneliti untuk dapat ikut serta manjadi bagian dari program ini.